Corenews.id
No Result
View All Result
  • Trending
  • News
    • Nasional
    • Internasional
    • Metropolitan
    • Daerah
  • Politik
    • Pemilu
  • Hukum
  • Pariwara
  • Bisnis
    • Keuangan
    • Ekonomi
    • Properti
    • Pasar Modal
  • Tekno
  • Gaya Hidup
  • Humaniora
  • Olah Raga
  • Tokoh
  • Opini
Corenews.id
No Result
View All Result

Optimalkan Layanan Pelanggan Selama Ramadan dengan Qiscus AI      

by Teguh Imam Suyudi
28 Februari 2025 | 15:00
in Tekno
Qiscus

Ilustrasi Layanan Pelanggan Selama Ramadan dengan Qiscus AI (Gambar: Dok. Qiscus)

Bagikan sekarang:

Jakarta, CoreNews.id – Qiscus, perusahaan teknologi penyedia platform omnichannel customer engagement berbasis artificial intelligence (AI) untuk bisnis menghadirkan solusi yang mampu mengoptimalkan pengalaman pelanggan selama Ramadan.

Hal ini menjadi tanggapan Qiscus seiring meningkatnya ekspektasi pelanggan terhadap interaksi yang cepat dan personal, dimana bisnis semakin menyadari bahwa layanan pelanggan bukan sekadar pelengkap, tetapi faktor kunci dalam pertumbuhan dan diferensiasi bisnis.

Menurut studi Ramadan terbaru yang dilakukan oleh Meta:

Sebanyak 94% pelanggan merasa lebih terhubung dengan bisnis atau brand melalui pesan instan (instant messaging).

Studi ini juga menyoroti bahwa kata kunci utama selama Ramadan tahun 2025 ini adalah positive, encouraging, dan people-first.

Layanan pelanggan pun harus mencerminkan tiga aspek ini—memberikan pengalaman yang positif, mendorong interaksi yang lebih baik, dan tetap menghadirkan human touch meskipun menggunakan bantuan AI.

Selain itu, studi ini juga mengungkap bahwa platform Meta, yakni Facebook, Instagram, dan WhatsApp, masih menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga, menemukan konten serta hiburan, hingga berbelanja selama Ramadan.

Sebagai partner resmi Meta, Qiscus memiliki solusi berbasis AI yang mampu mengantisipasi tren tersebut, yaitu melalui Qiscus AI. Dengan AI Agent yang dikembangkan, bisnis dapat memastikan respons lebih cepat, interaksi lebih intuitif, serta bantuan yang lebih akurat, tanpa menghilangkan nilai personalisasi atau persona brand.

Teknologi ini memungkinkan otomatisasi pada pertanyaan berulang, deteksi emosi pelanggan untuk respons yang lebih empatik, serta asistensi bagi agen manusia agar dapat menemukan jawaban yang lebih cepat dan sesuai dengan identitas brand.

“Ramadan bukan sekadar peak season bagi bisnis, tetapi juga momen krusial untuk membangun loyalitas pelanggan. Dalam lonjakan interaksi ini, pelanggan menginginkan pelayanan yang lebih cepat, responsif, dan tetap personal,” kata Evan Purnama, CPMO & Co-founder Qiscus, dalam keterangannya, 26/02/2025.

READ  Menghubungkan Praktisi Digital dengan AI di Conversa 5.0

“Karena itulah, kami mengoptimalkan AI Agent dari Qiscus, bukan untuk menggantikan agen manusia, tetapi untuk memperkuat mereka—memastikan setiap interaksi tetap bernilai dan meaningful,” ujar Evan, menanggapi peran AI dalam layanan pelanggan yang mumpuni.

Pada tahun sebelumnya, Qiscus sudah meraih pencapaian gemilang dengan penghargaan TOP DIGITAL Implementation 2024 #Stars 5 dan TOP Leader on Digital Implementation 2024 untuk ketiga kalinya secara berturut-turut. Selain itu, Qiscus juga mendapatkan pengakuan dari Kementerian UMKM Republik Indonesia dengan memenangkan Anugerah Bangga Buatan Indonesia 2024. Pencapaian ini semakin memperkuat peran Qiscus dalam mendukung transformasi digital di ranah AI, terutama dalam layanan pelanggan ke depannya.

Dengan inovasi yang terus berkembang, Qiscus berkomitmen untuk menjadi mitra strategis bagi bisnis di Indonesia dalam menghadirkan layanan pelanggan yang lebih intuitif, efisien, dan tetap humanis. Hal ini ditunjukkan melalui solusi messaging bisnis terintegrasi berbasis AI dimana bisnis bisa berkomunikasi dengan pelanggan secara seamless di berbagai platform populer, seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Email, Ticketing, dan masih banyak lagi.

Tags: QiscusQiscus AI
Previous Post

Cara Ajukan Pinjaman KUR Bank Mandiri 2025

Next Post

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan 1446 H Jatuh pada 1 Maret 2025

Next Post
Menteri Agama Nasaruddin Umar

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan 1446 H Jatuh pada 1 Maret 2025

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PARIWARA

Green movement pertamina

Pertamina Luncurkan Green Movement, Wujud Nyata Komitmen ESG

8 Mei 2025 | 14:00
Logo Danantara

Presiden Prabowo Resmikan Badan Pengelola Investasi DANANTARA

12 Maret 2025 | 09:00
Kepala BPJPH Ahmad Haikal Hasan

BPJPH Bersinergi dengan 11 Mitra Permudah Sertifikasi Produk Halal

18 Februari 2025 | 17:00
Aplikasi Growin' by Mandiri Sekuritas

Aplikasi Growin’ by Mandiri Sekuritas Permudah Investasi di Pasar Modal

9 Januari 2025 | 17:00

POPULER

Sejarah Pembangunan Ka’bah

Sejarah Pembangunan Ka’bah

17 Februari 2025 | 16:36
Kisah Penciptaan Nabi Adam AS

Kisah Penciptaan Nabi Adam AS

25 Juli 2024 | 13:00
cara-cek-penerima-bansos-cekbansos-kemensos

Cara Cek BLT Kesra Rp 900.000 dan Daftar DTKS 2025 Lewat Link Resmi Kemensos

23 Oktober 2025 | 18:00
Kisah Singkat Nabi Nuh AS

Kisah Singkat Nabi Nuh AS

31 Juli 2024 | 16:00
Ilustrasi kawasan pariwisata di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten

10 Destinasi Wisata Lebak Banten

6 Februari 2025 | 12:57
Silsilah Nabi Ibrahim AS

Silsilah Nabi Ibrahim AS

10 Februari 2025 | 12:48
  • Redaksi Corenews.id
  • Pedoman Media Siber
  • Email Login

Corenews.id | All Rights Reserved

No Result
View All Result
  • Trending
  • News
    • Nasional
    • Internasional
    • Metropolitan
    • Daerah
  • Politik
    • Pemilu
  • Hukum
  • Pariwara
  • Bisnis
    • Keuangan
    • Ekonomi
    • Properti
    • Pasar Modal
  • Tekno
  • Gaya Hidup
  • Humaniora
  • Olah Raga
  • Tokoh
  • Opini

Corenews.id | All Rights Reserved