Jakarta, CoreNews.id – PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, holding BUMN di sektor aviasi dan pariwisata, menegaskan komitmennya menjadikan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sebagai destinasi wisata unggulan di Jakarta. Inisiatif ini sejalan dengan upaya mengangkat TMII sebagai ikon pariwisata budaya Indonesia yang inklusif, edukatif, dan relevan lintas generasi.
“InJourney terus mendorong agar TMII menjadi destinasi top of mind wisatawan saat ingin melihat keberagaman budaya Indonesia di Jakarta,” ujar Yudhistira Setiawan, Corporate Secretary Group Head InJourney, dalam konferensi pers, Kamis (10/4/2025).
Pesta Rakyat Nusantara
MII, yang telah hadir selama 50 tahun, dinilai memiliki kekuatan sebagai pusat edukasi dan promosi kekayaan budaya Nusantara melalui anjungan daerah, museum, pertunjukan seni, serta fasilitas interaktif yang tersebar di seluruh kawasan.
Dalam rangka memperingati ulang tahun ke-50 TMII, akan digelar rangkaian acara Pesta Rakyat Nusantara pada 18–27 April 2025. Direktur Utama PT Bhiva TMII, Intan Kartika, menargetkan 200 ribu pengunjung hadir selama 10 hari penyelenggaraan.
Untuk meningkatkan daya tarik, TMII memberikan diskon 50% tiket masuk, termasuk promo sekolah dan tiket gratis bagi anak-anak panti asuhan dan penyandang disabilitas.
Revitalisasi TMII: Tradisi Bertemu Inovasi
Revitalisasi TMII dilakukan dengan pendekatan budaya yang inklusif dan modern. Fasilitas seperti Dancing Fountain “Tirta Cerita”, satu dari lima di dunia, menjadi contoh bagaimana inovasi digital dan cerita rakyat dikemas secara menarik.
“TMII harus menjadi tempat belajar budaya yang relevan lintas generasi. Edukasi tetap utama, tapi melalui cara yang seru dan kekinian,” jelas Intan Kartika.