Jakarta, CoreNews.id — Generasi Z atau Gen Z dicatat miliki partisipasi paling tinggi dalam memboikot merek-merek yang mendukung Israel. Persentasenya sebanyak 50 persen. Generasi Z adalah penduduk yang lahir tahun 1997 sampai 2012 dengan perkiraan usia saat ini 11-26 tahun.
Hal ini diungkapkan dalam studi komprehensif yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Istanbul, Departemen Pemasaran yang dipimpin oleh Profesor Süphan Nasir dan asisten peneliti Merve Kır. Menurut laporan tersebut, dari 1.384 tanggapan valid dari total 1.545 peserta, 50 persen Generasi Z secara aktif atau sebagian memboikot merek yang ditargetkan.
Dikutip dari Daily Sabah (22/1/2024) terkait studi tersebut, Generasi Y atau mereka yang lahir tahun 1977-1994 menunjukkan tingkat partisipasi sebesar 40 persen. Sementara itu, partisipasi Generasi X atau generasi yang lahir pada 1965-1980 (usia 40-55 tahun) dan Baby Boomers yaitu generasi yang lahir tahun 1946-1964 (usia 56-74 tahun) hanya berkisar 20 persen.*