Jakarta, CoreNews.id – Gen Z merupakan salah satu generasi yang aktif di Indonesia dalam menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk mendukung kreativitas.
“Sebagian besar populasi digital di Indonesia telah berinteraksi dengan AI, terutama dalam aktivitas pencarian dan kreasi,” kata Ummu Hanni, Associate Director Kantar Indonesia, saat memaparkan temuan riset Kantar, Kamis (6/2/2025), dikutip dari pemberitaan sejumlah media nasional.
“AI tidak hanya berperan penting meningkatkan efisiensi dan menghemat waktu, tapi juga menjadi kolaborator kreatif yang membantu menghasilkan ide dan merancang eksekusi secara lebih optimal,” imbuhnya.
Temuan riset Kantar lainnya:
- 70% responden menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk content creation;
- l l, 71% responden menggunakan AI untuk meminimalisir waktu dan usaha;
- 69% responden mengatakan AI membantu proses kreatif jadi lebih efisien dan praktis;
- 65% responden mengaku AI membantu memberikan hasil yang lebih kreatif dan inovatif;
- 75% pengguna memanfaatkan AI untuk meningkatkan kualitas foto;
- 60% menggunakan AI untuk mengedit video;
- 53% pengguna yang senang menggunakan AI untuk menciptakan gambar animasi yang unik.