Corenews.id
No Result
View All Result
  • Trending
  • News
    • Nasional
    • Internasional
    • Metropolitan
    • Daerah
  • Politik
    • Pemilu
  • Hukum
  • Pariwara
  • Bisnis
    • Keuangan
    • Ekonomi
    • Properti
    • Pasar Modal
  • Tekno
  • Gaya Hidup
  • Humaniora
  • Olah Raga
  • Tokoh
  • Opini
Corenews.id
No Result
View All Result

Berbagai Tipe Rombongan di Mal, Apa yang Mereka Cari?

by Teguh Imam Suyudi
26 Juli 2025 | 21:00
in Gaya Hidup
berbagai-tipe-rombongan-di-mal

Ilustrasi Mal (Gambar: Dok. Grand Mall Surabaya)

Bagikan sekarang:

Jakarta, CoreNews.id – Fenomena banyak pengunjung datang ke mal bukan untuk berbelanja, melainkan sekadar jalan-jalan, berfoto, atau melihat-lihat tanpa niat membeli. Berbagai istilah unik muncul untuk menggambarkan kebiasaan ini. Lantas, apa saja tipe rombongan yang sering ditemui di mal? Dikutip dari sejumlah sumber, simak ulasannya berikut!

1. ROJALI (Rombongan Jarang Beli)

Mereka datang hanya untuk jalan-jalan, nongkrong, atau menikmati suasana mal tanpa berniat membeli apa pun. Biasanya, mereka menghabiskan waktu di food court atau area lounge sambil mengobrol.

2. ROHANA (Rombongan Hanya Nanya)

Suka bertanya detail produk, harga, atau promo, tapi tidak pernah membeli. Biasanya, mereka hanya membandingkan informasi sebelum membeli di tempat lain atau online.

3. ROHALUS (Rombongan Hanya Elus-elus)

Senang memegang dan mengelus barang di toko, seperti pakaian, gadget, atau aksesoris, tetapi tidak membelinya. Bagi mereka, sensasi menyentuh barang sudah cukup puas.

4. ROHALI (Rombongan Hanya Lihat-Lihat)

Mereka hanya berkeliling toko, melihat display barang, tetapi tidak melakukan transaksi. Kadang, mereka hanya ingin mengetahui tren terbaru tanpa berkomitmen membeli.

5. ROCEGA (Rombongan Cek Harga)

Datang untuk membandingkan harga di mal, tapi akhirnya memilih belanja di e-commerce atau pasar tradisional yang lebih murah.

6. ROMANSA (Rombongan Manis Senyum Aja)

Mereka datang ke mal untuk bersosialisasi, ngobrol, atau sekadar melepas penat. Transaksi belanja? Bukan prioritas!

7. ROTASI (Rombongan Tanpa Transaksi)

Berputar-putar di mal, masuk ke berbagai toko, tapi sama sekali tidak beli apa-apa. Mal dianggap seperti tempat rekreasi gratis.

8. ROSALI (Rombongan Suka Selfie)

Tujuan utama mereka adalah foto-foto di spot Instagramable. Toko hanya jadi latar belakang, bukan tujuan berbelanja.

READ  Nasi Putih Sisa Masih Aman Dikonsumsi, Asal Tahu Cara Menyimpannya

9. ROCADOH (Rombongan Cari Jodoh)

Mal dijadikan tempat cari kenalan atau pasangan. Biasanya terlihat di kafe atau area ramai pengunjung.

10. ROCUTA (Rombongan Cuci Mata)

Mereka datang untuk menikmati pemandangan barang-barang mewah atau tren terbaru, meski tak berniat membeli.

11. ROMUSA (Rombongan Muka Susah)

Ekspresi mereka frustasi atau kecewa, mungkin karena harga mahal atau budget terbatas. Mereka sering mengeluh tapi tetap datang ke mal.

Kenapa Fenomena Ini Terjadi?

Perubahan perilaku konsumen ini dipengaruhi oleh:
✔ Kenaikan harga barang di mal
✔ Kebiasaan belanja online yang lebih murah
✔ Mal sebagai ruang sosial ketimbang tempat belanja
✔ Fenomena window shopping yang jadi hiburan

Kesimpulan

Mal kini tak hanya jadi tempat belanja, melainkan juga ruang rekreasi, sosialisasi, dan hiburan. Meski tidak semua pengunjung berbelanja, kehadiran mereka tetap memberi kehidupan pada pusat perbelanjaan.

Bagaimana dengan Anda? Termasuk rombongan yang mana?

Tags: kebiasaan belanjaTipe rombongan di mal
Previous Post

Timnas U-23 Indonesia Lolos ke Final ASEAN Usai Taklukkan Thailand Lewat Drama Adu Penalti

Next Post

PT Pos Bangun 1.823 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Aset Strategis

Next Post
toyota-klaim-ev-lebih-berpolusi-dari-hibrida-bantahan-riset-china

PT Pos Bangun 1.823 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Aset Strategis

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PARIWARA

Green movement pertamina

Pertamina Luncurkan Green Movement, Wujud Nyata Komitmen ESG

8 Mei 2025 | 14:00
Logo Danantara

Presiden Prabowo Resmikan Badan Pengelola Investasi DANANTARA

12 Maret 2025 | 09:00
Kepala BPJPH Ahmad Haikal Hasan

BPJPH Bersinergi dengan 11 Mitra Permudah Sertifikasi Produk Halal

18 Februari 2025 | 17:00
Aplikasi Growin' by Mandiri Sekuritas

Aplikasi Growin’ by Mandiri Sekuritas Permudah Investasi di Pasar Modal

9 Januari 2025 | 17:00

POPULER

Sejarah Pembangunan Ka’bah

Sejarah Pembangunan Ka’bah

17 Februari 2025 | 16:36
Ilustrasi kawasan pariwisata di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten

10 Destinasi Wisata Lebak Banten

6 Februari 2025 | 12:57
cara-cek-penerima-bansos-cekbansos-kemensos

Cara Cek BLT Kesra Rp 900.000 dan Daftar DTKS 2025 Lewat Link Resmi Kemensos

23 Oktober 2025 | 18:00
Menurut Qin, rute tersebut sangat mempersingkat jarak dan waktu antara Surabaya dan Hainan, serta menghadirkan jalur langsung yang efisien dan nyaman bagi wisatawan maupun pelaku usaha. Untuk penerbangan reguler akan dijadwalkan berangkat dari Surabaya ke Haikou setiap Senin dan Kamis. Sementara itu, penerbangan sebaliknya dari Haikou ke Surabaya tersedia setiap Rabu dan Minggu.

Penerbangan Langsung Surabaya-Haikou Akan Dibuka Mulai 16 November 2025

30 September 2025 | 11:27
Kisah Penciptaan Nabi Adam AS

Kisah Penciptaan Nabi Adam AS

25 Juli 2024 | 13:00
Silsilah Nabi Ibrahim AS

Silsilah Nabi Ibrahim AS

10 Februari 2025 | 12:48
  • Redaksi Corenews.id
  • Pedoman Media Siber
  • Email Login

Corenews.id | All Rights Reserved

No Result
View All Result
  • Trending
  • News
    • Nasional
    • Internasional
    • Metropolitan
    • Daerah
  • Politik
    • Pemilu
  • Hukum
  • Pariwara
  • Bisnis
    • Keuangan
    • Ekonomi
    • Properti
    • Pasar Modal
  • Tekno
  • Gaya Hidup
  • Humaniora
  • Olah Raga
  • Tokoh
  • Opini

Corenews.id | All Rights Reserved