Corenews.id
No Result
View All Result
  • Trending
  • News
    • Nasional
    • Internasional
    • Metropolitan
    • Daerah
  • Politik
    • Pemilu
  • Hukum
  • Pariwara
  • Bisnis
    • Keuangan
    • Ekonomi
    • Properti
    • Pasar Modal
  • Tekno
  • Gaya Hidup
  • Humaniora
  • Olah Raga
  • Tokoh
  • Opini
Corenews.id
No Result
View All Result

Berbagai Tipe Rombongan di Mal, Apa yang Mereka Cari?

by Teguh Imam Suyudi
26 Juli 2025 | 21:00
in Gaya Hidup
berbagai-tipe-rombongan-di-mal

Ilustrasi Mal (Gambar: Dok. Grand Mall Surabaya)

Bagikan sekarang:

Jakarta, CoreNews.id – Fenomena banyak pengunjung datang ke mal bukan untuk berbelanja, melainkan sekadar jalan-jalan, berfoto, atau melihat-lihat tanpa niat membeli. Berbagai istilah unik muncul untuk menggambarkan kebiasaan ini. Lantas, apa saja tipe rombongan yang sering ditemui di mal? Dikutip dari sejumlah sumber, simak ulasannya berikut!

1. ROJALI (Rombongan Jarang Beli)

Mereka datang hanya untuk jalan-jalan, nongkrong, atau menikmati suasana mal tanpa berniat membeli apa pun. Biasanya, mereka menghabiskan waktu di food court atau area lounge sambil mengobrol.

2. ROHANA (Rombongan Hanya Nanya)

Suka bertanya detail produk, harga, atau promo, tapi tidak pernah membeli. Biasanya, mereka hanya membandingkan informasi sebelum membeli di tempat lain atau online.

3. ROHALUS (Rombongan Hanya Elus-elus)

Senang memegang dan mengelus barang di toko, seperti pakaian, gadget, atau aksesoris, tetapi tidak membelinya. Bagi mereka, sensasi menyentuh barang sudah cukup puas.

4. ROHALI (Rombongan Hanya Lihat-Lihat)

Mereka hanya berkeliling toko, melihat display barang, tetapi tidak melakukan transaksi. Kadang, mereka hanya ingin mengetahui tren terbaru tanpa berkomitmen membeli.

5. ROCEGA (Rombongan Cek Harga)

Datang untuk membandingkan harga di mal, tapi akhirnya memilih belanja di e-commerce atau pasar tradisional yang lebih murah.

6. ROMANSA (Rombongan Manis Senyum Aja)

Mereka datang ke mal untuk bersosialisasi, ngobrol, atau sekadar melepas penat. Transaksi belanja? Bukan prioritas!

7. ROTASI (Rombongan Tanpa Transaksi)

Berputar-putar di mal, masuk ke berbagai toko, tapi sama sekali tidak beli apa-apa. Mal dianggap seperti tempat rekreasi gratis.

8. ROSALI (Rombongan Suka Selfie)

Tujuan utama mereka adalah foto-foto di spot Instagramable. Toko hanya jadi latar belakang, bukan tujuan berbelanja.

READ  Link Registrasi Akun SNPMB PTN 2025 & Cek Kuota SNBP, SNBT, dan Jalur Mandiri

9. ROCADOH (Rombongan Cari Jodoh)

Mal dijadikan tempat cari kenalan atau pasangan. Biasanya terlihat di kafe atau area ramai pengunjung.

10. ROCUTA (Rombongan Cuci Mata)

Mereka datang untuk menikmati pemandangan barang-barang mewah atau tren terbaru, meski tak berniat membeli.

11. ROMUSA (Rombongan Muka Susah)

Ekspresi mereka frustasi atau kecewa, mungkin karena harga mahal atau budget terbatas. Mereka sering mengeluh tapi tetap datang ke mal.

Kenapa Fenomena Ini Terjadi?

Perubahan perilaku konsumen ini dipengaruhi oleh:
✔ Kenaikan harga barang di mal
✔ Kebiasaan belanja online yang lebih murah
✔ Mal sebagai ruang sosial ketimbang tempat belanja
✔ Fenomena window shopping yang jadi hiburan

Kesimpulan

Mal kini tak hanya jadi tempat belanja, melainkan juga ruang rekreasi, sosialisasi, dan hiburan. Meski tidak semua pengunjung berbelanja, kehadiran mereka tetap memberi kehidupan pada pusat perbelanjaan.

Bagaimana dengan Anda? Termasuk rombongan yang mana?

Tags: kebiasaan belanjaTipe rombongan di mal
Previous Post

Timnas U-23 Indonesia Lolos ke Final ASEAN Usai Taklukkan Thailand Lewat Drama Adu Penalti

Next Post

PT Pos Bangun 1.823 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Aset Strategis

Next Post
toyota-klaim-ev-lebih-berpolusi-dari-hibrida-bantahan-riset-china

PT Pos Bangun 1.823 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Aset Strategis

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PARIWARA

semen merah putih mou algaepark indonesia

Tekan Emisi Karbon Lewat MPTree, Semen Merah Putih Gandeng Algaepark Indonesia

23 Mei 2025 | 16:02
Green movement pertamina

Pertamina Luncurkan Green Movement, Wujud Nyata Komitmen ESG

8 Mei 2025 | 14:00
Logo Danantara

Presiden Prabowo Resmikan Badan Pengelola Investasi DANANTARA

12 Maret 2025 | 09:00
Kepala BPJPH Ahmad Haikal Hasan

BPJPH Bersinergi dengan 11 Mitra Permudah Sertifikasi Produk Halal

18 Februari 2025 | 17:00
Aplikasi Growin' by Mandiri Sekuritas

Aplikasi Growin’ by Mandiri Sekuritas Permudah Investasi di Pasar Modal

9 Januari 2025 | 17:00

POPULER

Kisah Singkat Nabi Nuh AS

Kisah Singkat Nabi Nuh AS

31 Juli 2024 | 16:00
kwik-kian-gie-panglima-ekonomi-lawan-imf

Kwik Kian Gie: Panglima Ekonomi di Tengah Badai, Berani Lawan IMF

29 Juli 2025 | 09:00
Empat Ojek Pangkalan Jadi Tersangka Pengadangan Taksi Online di Stasiun Tigaraksa

Empat Ojek Pangkalan Jadi Tersangka Pengadangan Taksi Online di Stasiun Tigaraksa

29 Juli 2025 | 14:01
berbagai-tipe-rombongan-di-mal

Berbagai Tipe Rombongan di Mal, Apa yang Mereka Cari?

26 Juli 2025 | 21:00
prabowo

Prabowo dan Anwar Ibrahim Bahas Batas Negara & Nasib Anak Buruh Migran

29 Juli 2025 | 16:22
Menurut Country Director JAECOO Indonesia, Max Zhou di Tangerang (25/7/2025), J5 EV ditenagai baterai 60,9 kWh dengan daya maksimum 155 kW dan torsi 288 Nm. Selain itu, ia dilengkapi dengan 17 fitur Advanced Driver Assistance Systems (ADAS), enam airbag, serta kabin lega yang dirancang untuk keluarga urban.

JAECOO J5 EV Versi Standard dan Premium Resmi Diluncurkan di GIIAS 2025

25 Juli 2025 | 15:42
  • Redaksi Corenews.id
  • Pedoman Media Siber
  • Email Login

Corenews.id | All Rights Reserved

No Result
View All Result
  • Trending
  • News
    • Nasional
    • Internasional
    • Metropolitan
    • Daerah
  • Politik
    • Pemilu
  • Hukum
  • Pariwara
  • Bisnis
    • Keuangan
    • Ekonomi
    • Properti
    • Pasar Modal
  • Tekno
  • Gaya Hidup
  • Humaniora
  • Olah Raga
  • Tokoh
  • Opini

Corenews.id | All Rights Reserved