Corenews.id
No Result
View All Result
  • Trending
  • News
    • Nasional
    • Internasional
    • Metropolitan
    • Daerah
  • Politik
    • Pemilu
  • Hukum
  • Pariwara
  • Bisnis
    • Keuangan
    • Ekonomi
    • Properti
    • Pasar Modal
  • Tekno
  • Gaya Hidup
  • Humaniora
  • Olah Raga
  • Tokoh
  • Opini
Corenews.id
No Result
View All Result

Berbagai Tipe Rombongan di Mal, Apa yang Mereka Cari?

by Teguh Imam Suyudi
26 Juli 2025 | 21:00
in Gaya Hidup
berbagai-tipe-rombongan-di-mal

Ilustrasi Mal (Gambar: Dok. Grand Mall Surabaya)

Bagikan sekarang:

Jakarta, CoreNews.id – Fenomena banyak pengunjung datang ke mal bukan untuk berbelanja, melainkan sekadar jalan-jalan, berfoto, atau melihat-lihat tanpa niat membeli. Berbagai istilah unik muncul untuk menggambarkan kebiasaan ini. Lantas, apa saja tipe rombongan yang sering ditemui di mal? Dikutip dari sejumlah sumber, simak ulasannya berikut!

1. ROJALI (Rombongan Jarang Beli)

Mereka datang hanya untuk jalan-jalan, nongkrong, atau menikmati suasana mal tanpa berniat membeli apa pun. Biasanya, mereka menghabiskan waktu di food court atau area lounge sambil mengobrol.

2. ROHANA (Rombongan Hanya Nanya)

Suka bertanya detail produk, harga, atau promo, tapi tidak pernah membeli. Biasanya, mereka hanya membandingkan informasi sebelum membeli di tempat lain atau online.

3. ROHALUS (Rombongan Hanya Elus-elus)

Senang memegang dan mengelus barang di toko, seperti pakaian, gadget, atau aksesoris, tetapi tidak membelinya. Bagi mereka, sensasi menyentuh barang sudah cukup puas.

4. ROHALI (Rombongan Hanya Lihat-Lihat)

Mereka hanya berkeliling toko, melihat display barang, tetapi tidak melakukan transaksi. Kadang, mereka hanya ingin mengetahui tren terbaru tanpa berkomitmen membeli.

5. ROCEGA (Rombongan Cek Harga)

Datang untuk membandingkan harga di mal, tapi akhirnya memilih belanja di e-commerce atau pasar tradisional yang lebih murah.

6. ROMANSA (Rombongan Manis Senyum Aja)

Mereka datang ke mal untuk bersosialisasi, ngobrol, atau sekadar melepas penat. Transaksi belanja? Bukan prioritas!

7. ROTASI (Rombongan Tanpa Transaksi)

Berputar-putar di mal, masuk ke berbagai toko, tapi sama sekali tidak beli apa-apa. Mal dianggap seperti tempat rekreasi gratis.

8. ROSALI (Rombongan Suka Selfie)

Tujuan utama mereka adalah foto-foto di spot Instagramable. Toko hanya jadi latar belakang, bukan tujuan berbelanja.

READ  Anda Sering Mengalami Perut Kembung? Ini Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

9. ROCADOH (Rombongan Cari Jodoh)

Mal dijadikan tempat cari kenalan atau pasangan. Biasanya terlihat di kafe atau area ramai pengunjung.

10. ROCUTA (Rombongan Cuci Mata)

Mereka datang untuk menikmati pemandangan barang-barang mewah atau tren terbaru, meski tak berniat membeli.

11. ROMUSA (Rombongan Muka Susah)

Ekspresi mereka frustasi atau kecewa, mungkin karena harga mahal atau budget terbatas. Mereka sering mengeluh tapi tetap datang ke mal.

Kenapa Fenomena Ini Terjadi?

Perubahan perilaku konsumen ini dipengaruhi oleh:
✔ Kenaikan harga barang di mal
✔ Kebiasaan belanja online yang lebih murah
✔ Mal sebagai ruang sosial ketimbang tempat belanja
✔ Fenomena window shopping yang jadi hiburan

Kesimpulan

Mal kini tak hanya jadi tempat belanja, melainkan juga ruang rekreasi, sosialisasi, dan hiburan. Meski tidak semua pengunjung berbelanja, kehadiran mereka tetap memberi kehidupan pada pusat perbelanjaan.

Bagaimana dengan Anda? Termasuk rombongan yang mana?

Tags: kebiasaan belanjaTipe rombongan di mal
Previous Post

Timnas U-23 Indonesia Lolos ke Final ASEAN Usai Taklukkan Thailand Lewat Drama Adu Penalti

Next Post

PT Pos Bangun 1.823 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Aset Strategis

Next Post
toyota-klaim-ev-lebih-berpolusi-dari-hibrida-bantahan-riset-china

PT Pos Bangun 1.823 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Aset Strategis

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PARIWARA

Transformasi Digital Konsisten, Hanwha Life Raih TOP Digital Awards 2025 Level Stars 5

Transformasi Digital Konsisten, Hanwha Life Raih TOP Digital Awards 2025 Level Stars 5

22 Desember 2025 | 17:00
Perumda Air Minum Kota Padang TOP Digital Awards 2025

Mengalirkan Inovasi, Menyemai Layanan: Perumda Air Minum Kota Padang Kembali Raih TOP Digital Awards

5 Desember 2025 | 09:00
Pacu Transformasi Digital Nasional, Rumah Pendidikan Kemendikdasmen Raih Penghargaan TOP Digital Awards

Pacu Transformasi Digital Nasional, Rumah Pendidikan Kemendikdasmen Raih Penghargaan TOP Digital Awards

5 Desember 2025 | 08:00
RSUI Raih Penghargaan TOP Digital Awards

Perkuat Transformasi Digital untuk Tingkatkan Mutu Layanan, RSUI Raih Penghargaan TOP Digital Awards

5 Desember 2025 | 07:00
Moratelindo Transformasi Digital TOP Digital Awards

Moratelindo Perkuat Kepemimpinan Transformasi Digital Lewat Dua Penghargaan Nasional TOP Digital Awards

5 Desember 2025 | 06:00
Acara Puncak TOP Digital Awards 2025 Digelar Hari Ini: Inovasi Cerdas Menyongsong Transformasi Digital

Acara Puncak TOP Digital Awards 2025 Digelar Hari Ini: Inovasi Cerdas Menyongsong Transformasi Digital

4 Desember 2025 | 06:00

POPULER

Ilustrasi kawasan pariwisata di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten

10 Destinasi Wisata Lebak Banten

6 Februari 2025 | 12:57
cbn-fiber-safe-internet-rumah-aman

CBN Fiber Safe Hadirkan Paket Internet Rumah dengan Cyber Protection Insurance

21 Desember 2025 | 19:00
Menurut Airlangga, dalam kesepakatan perdagangan sebelumnya menghasilkan keputusan turunnya tarif resiprokal AS ke Indonesia dari 32 persen menjadi 19 persen. Sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, Indonesia melalui Pertamina diharuskan meningkatkan impor energi dari AS dengan nilai hingga USD15 miliar.

Setelah Sukses Minta Minyaknya Dibeli, AS Kini Minta Akses Mineral Kritis Indonesia

23 Desember 2025 | 11:25
Menurut Bunga sebagai salah satu pembicara, kunci sukses menulis yang ia lakukan adalah sebagai berikut. Melakukan analisis pasar, mempelajari market pembaca, jenis tulisan yang disukai, gaya bahasa yang cocok, dan berbagai hal terkait marketing sebelum menulis.

Menulis Perlu Marketing Agar Sukses

23 Desember 2025 | 12:14
Warga Balige Keluhkan Kelangkaan BBM Imbas Longsor, Antrean SPBU Capai Satu Kilometer

Warga Balige Keluhkan Kelangkaan BBM Imbas Longsor, Antrean SPBU Capai Satu Kilometer

8 Desember 2025 | 12:21
Menurut Maya kembali, InJourney tidak hanya fokus pada operasional penerbangan, tetapi juga memperkuat peran bandara sebagai bagian dari ekosistem perjalanan dan pariwisata. Antisipasi dilakukan terhadap potensi gangguan cuaca di musim penghujan melalui koordinasi dengan maskapai untuk menjaga ketepatan waktu penerbangan dan penerapan manajemen keterlambatan. Di sektor pariwisata, InJourney Group juga menyiapkan berbagai program di hotel dan destinasi wisata, dengan proyeksi okupansi hotel InJourney Hospitality meningkat 3,3 persen menjadi sekitar 74 persen selama libur akhir tahun.

Bandara InJourney Siap Beri Layanan Terintegrasi dan Adaptif Selama Libur Nataru

23 Desember 2025 | 15:28
  • Redaksi Corenews.id
  • Pedoman Media Siber
  • Email Login

Corenews.id | All Rights Reserved

No Result
View All Result
  • Trending
  • News
    • Nasional
    • Internasional
    • Metropolitan
    • Daerah
  • Politik
    • Pemilu
  • Hukum
  • Pariwara
  • Bisnis
    • Keuangan
    • Ekonomi
    • Properti
    • Pasar Modal
  • Tekno
  • Gaya Hidup
  • Humaniora
  • Olah Raga
  • Tokoh
  • Opini

Corenews.id | All Rights Reserved