Jakarta, CoreNews.id — Indonesia jadi pasar utama TikTok Shop atau yang kini bernama Shop Tokopedia selama tahun 2024. Indonesia bahkan menempati posisi kedua setelah Amerika Serikat. Menurut Momentum Works, khusus untuk Indonesia, sembilan dari sepuluh toko teratas dan delapan dari sepuluh produk terlaris berasal dari kategori kecantikan dan perawatan pribadi.
Pada tahun 2024, total Gross Merchandise Value (GMV) TikTok Shop secara global ditaksir mencapai US$ 32,6 miliar. Jumlah ini setara dengan Rp 528,6 triliun. Adapun 8 negara yang menyumpang GMV terbanyak untuk TikTok Shop adalah sebagai berikut.
- Amerika Serikat – US$ 9 miliar (sekitar Rp 145,8 triliun), tumbuh 650% yoy.
- Indonesia – US$ 6,198 miliar (sekitar Rp 100,5 triliun), tumbuh 39% yoy.
- Thailand – US$ 5,743 miliar (sekitar Rp 93 triliun), tumbuh 101% yoy.
- Vietnam – US$ 4,454 miliar (sekitar Rp 72,1 triliun), tumbuh 157% yoy.
- Filipina – US$ 3,12 miliar (sekitar Rp 50,5 triliun), tumbuh 116% yoy.
- Malaysia – US$ 2,724 miliar (sekitar Rp 44,1 triliun), tumbuh 104% yoy.
- Inggris – US$ 1,548 miliar (sekitar Rp 25 triliun), tumbuh 136% yoy.
- Singapura – US$ 391 juta (sekitar Rp 6,3 triliun), tumbuh 403% yoy.*