Malang, CoreNews.id – Plt. Direktur Utama PT Bank BPR Jawa Timur Bank UMKM Jatim (Bank UMKM Jatim) Irwan Eka Wijaya Arsyad menghadiri Pelatihan Leadership for Service Excellent yang diselenggarakan Bank UMKM Jatim bekerja sama dengan MSI Institute di Hotel Hariss Malang, Jumát, 9/08/2024.
Dalam kesempatan itu, ia memberikan arahan kepada para pegawai, pimpinan yang mayoritas cabang serta kepala divisi dan subdivisi, Bank UMKM Jatim. “Diharapkan setelah mengikuti pelatihan yang digelar selama 2 hari, Kamis 8/8 dan Jumát 9/8, para peserta mendapat bekal yang bermanfaat untuk mewujudkan Bank UMKM Jatim menjadi bank yang sehat, kuat, berkembang, mempunyai daya saing dan memberikan kontribusi positif,” kata Irwan.
Di pelatihan hari ke-2 ini, narasumber yaitu Benyamin De Haan, Bsc. Text., SH, MM., CGRCOP, menyampaikan materi yang menyoroti pentingnya membangun customer intimacy sebagai salah satu pilar budaya perusahaan. Tujuannya, untuk memberikan layanan yang paripurna atau service excellent kepada nasabah.
“Keintiman dengan pelanggan, atau nasabah dalam industri perbankan, adalah proses relasional berkelanjutan yang bekerja sama dengan pelanggan untuk mengembangkan dan memperbaiki produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumen nasabah,” ujarnya kepada para peserta pelatihan.
“Customer intimacy adalah sebuah strategi bisnis yang memberikan perhatian tinggi pada kebutuhan nasabah dan bagian inti dari membangun budaya perusahaan,” tegas Ben De Haan.

Sebagai informasi, bertempat di Hotel Hariss Malang, Bank UMKM Jatim menggandeng MSI Institute menggelar Pelatihan Leadership for Service Excellent untuk para pegawai bank BUMD tersebut.
Pelatihan yang berlangsung selama dua hari, 8-9 Agustus 2024 ini diikuti sekitar 16 orang pegawai yang kebanyakan para pimpinan cabang serta kepala divisi dan subdivisi Bank UMKM Jatim.
Selama dua hari, para peserta mendapat materi tentang Leadership dari praktisi bisnis sekaligus penasihat MSI Group, Benyamin De Haan, Bsc. Text., SH, MM., CGRCOP.
Acara pelatihan ini dibuka oleh Direktur Kepatuhan Bank UMKM Jatim Muhamad Amin yang kemudian dilanjutkan dengan perkenalan dari para peserta.

Pada hari pertama, peserta mendapat materi tentang Praktik Kepemimpinan yang di dalamnya terkait integritas sebagai fondasi, praktik & komitmen pemimpin, serta kepemimpinan di era digital. Materi lainnya adalah membangun tim dengan integritas sebagai pondasi.
Hari kedua, peserta mendapat materi tentang Service Excellent, Customer Intimacy, Manfaat dan Cara Meningkatkan Hubungan Pelanggan. Selain itu ada materi tentang Customer Retention Program, Beberapa Cara Meningkatkan Customer Intimacy.
Peserta juga mendapat materi tentang Membangun Budaya Layanan yang Prima (Service Excellent), Customer Engagement, Tiga Strategi Membangun Budaya Unggul, Product Leadership dan Operation Excellent, serta pengukuran Customer Satisfaction Index.
Kegiatan pelatihan ini tidak hanya diisi dengan penyampaian materi, tapi juga ada studi kasus yang harus diselesaikan oleh peserta.
Selain itu ada sesi diskusi dan tanya jawab sehingga acara pelatihan ini menjadi lebih menarik.
Di akhir acara, para peserta mendapat sertifikat pelatihan dari MSI Institute.
MSI Institute merupakan unit bisnis di bidang konsultasi dan pelatihan dari MSI Group. Insitusi ini rutin menggelar pelatihan-pelatihan terkait CSR, GRC (Governance, Risk Management dan Compliance Management), Leadership, serta Pelatihan Public Speaking yang diikuti kalangan pofesional baik dari perusahaan swasta maupun BUMN dan BUMD.